8 Efek Kebanyakan Konsumsi 'Junk Food'

8 Efek Kebanyakan Konsumsi Junk Food. Siapa yang tidak menyukai makanan junk food? melihat dan mencium aroma pizza dan burger beraroma daging dan lelehan kejunya membuat lidah bergetar ingin segera melahapnya. Junk food sebenarnya tak masalah jika dikonsumsi berkala, misalkan 1 minggu sekali atau sebulan sekali. Yang jadi masalah jika anda sudah kecanduan junk food, dan hampir tiap hari tidak bisa melewatkan makanan jika tidak tanpa makan junk food.

Banyak efek samping yang buruk dan tidak nyaman jika kita makan-makanan junk food seperti kentang goreng, burger, minuman bersoda, kue dalam kemasan, karbohidrat yang mengandung pati, dll. 

Nah, berikut ini 7 Efek Kebanyakan Konsumsi Junk Food :

  1. Kembung. Beberapa makanan junk food mengandung kadar sodium yang tinggi \sehingga menyebabkan kembung. Sebagai contoh, minuman soda diet yang mengandung soda dan pemanis buatan menghasilkan gas yang membua kembung.
  2. Bad Mood/ Deperesi. Menurut penelitian, ternyata makanan junk food memicu depresi karena makanan tersebut kurang sehat sehingga kondisi tubuh menjadi kurang nyaman yang dapat menyebabkan perasaan kacau.
  3. Pusing. Keseringan makan makanan junk food dapat memicu pusing yang disebabkan oleh tyramine (bahan kimia yang terbentuk dari pemecahan protein tertentu pada pewarna makanan dan nitrat - biasanya pada daging olahan seperti hot dogs). Bahan kimia tersebut meningkatkan aliran darah ke otak sehingga membuat pusing.
  4. Mual dan Mulas. Konsumsi junk food memicu asam lambung yang naik ke kerongkongan membuat perut kita mual dan mulas karena kadar lemak jenuhnya lebih lama dicerna.
  5. Sembelit. Makanan yang mengandung tepung pati seperti nasi dan roti tawar  menyebabkan sembelit karena kandungan seratnya rendah. Bisa lebih parah lagi jika anda mengkonsumsi soda juga.
  6. Memperparah Gejala PMS Wanita. Kandungan gula dan pati membuat insulin naik dan turun cepat tidak pasti. Hal ini mempengaruhi senyawa kimia dalam otak yang memperburuk mood swing anda. Kandungan kopi yang terdiri dari gula dan kafein juga dapat semakin memperburuk konsdisi PMS anda.
  7. Keriput Sebelum Waktunya. Gula, tepung, dan lemak trans (pengawet) bisa menaikkan kadar insulin dan memicu peradangan. Reaksi kimia ini menyebabkan penuaan dini karena antioksidan tubuh anda berkurang sehingga jika terkena sinar matahari wajah anda akan keriput.
  8. Obesitas. Junk food memicu obesitas karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi yang tentunya dapat menyebabkan kegemukan dan berbagai timbulnya penyakit seperti stroke, kanker, dll.

Itulah 8 Efek Kebanyakan Konsumsi Junk Food. Perhaikan pola makan anda, usahakan hindari makan-makanan junk food sedini mungkin untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.


Tidak ada komentar: