Tips Dan Trik Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran


Tips Dan Trik Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik Lebaran. Liburan kantor dan sekolah sudah tiba. Bagi keluarga yang tinggal jauh dari kampung halaman, momen mudik Lebaran tentu tidak akan dilewatkan. Setelah satu tahun berjauhan, akhirnya pada hari Raya Idul Fitri bisa mudik dalam jangka waktu lumayan lama. Kota besar seperti Jakarta menjadi lengang ketika ditinggal penduduknya yang mayoritas adalah pendatang pulang kampung. 

Kompleks perumahan menjadi sepi, rumah-rumah banyak yang kosong. Rumah kosong kerap menjadi sasaran empuk bagi para pencuri untuk menggasak barang berharga yang ada di dalam rumah tersebut. Bila Anda dan keluarga akan melakukan mudik dan rumah Anda kosong, pasti was-was dan khawatir bila terjadi sesuatu di rumah. Kini Anda bisa mudik tanpa rasa khawatir ladies. Yuk ikuti tips agar rumah aman ditinggal mudik Lebaran. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Hengki Haryadi membagikan informasi kepada Anda tentang bagaimana menjaga rumah agar jangan sampai dimasuki oleh pencuri. 

1. Lampu menyala 

Banyak yang berpikir bahwa bila lampu terus menyala maka saat malam hari tidak gelap agar tidak disangka kosong. Justru bila lampu menyala pada siang hari inilah yang mencurigakan. Belilah lampu otomatis untuk ruang tamu dan teras Anda yang bisa menyesuaikan bila gelap akan menyala dan terang bisa mati atau meredup sendiri. 

2. Koran 

Anda berlangganan koran dan terbiasa menerimanya setiap pagi? Maka bila Anda mudik, stop dulu langganan koran Anda ladies. Berlangganan koran akan menumpuk di teras rumah Anda setiap paginya dan pencuri dengan mudah mengira bahwa rumah Anda sedang kosong. 

3. Sepi 

Pencuri biasanya sudah mengintai dan memantau rumah Anda untuk memastikan Bahwa Anda sekeluarga pergi ke luar kota dalam jangka waktu yang lama. Bila Anda tinggal di kompleks yang memiliki satpam, Anda bisa meminta satpam untuk rutin mengecek rumah Anda setiap malam, sekedar lewat untuk memastikan bahwa rumah Anda aman. 

4. Kunci pintu 

Anda sudah merasa mengunci pintu dengan benar? Coba periksa lagi. Kunci seluruh pintu dengan benar, tambahkan gembok bila perlu. Pasang teralis pada rumah Anda agar pencuri tidak bisa masuk lewat jendela yang tidak terpasang teralis. 

5. Barang berharga 

Jangan simpan barang berharga seperti perhiasan ketika Anda sedang mudik. Lebih baik masukkan ke dalam safe deposit box di bank atau Anda bisa membawanya bila tidak terlalu banyak. Rasa khawatir pasti ada karena bagaimanapun juga, kondisi yang sepi pasti sudah menjadi incaran pencuri. Namun bila Anda menjalankan 5 tips di atas maka Anda sudah meningkatkan keamanan rumah Anda secara maksimal.

SOURCE : VEMALE.COM