Tips Mudik Naik Motor


Tips Mudik Naik Motor. Motor jadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan traveler untuk pulang ke kampungnya. Agar perjalanan aman dan nyaman, berikut tips mudik naik motor. Terkena angin sepanjang jalan, atau mudah lelah jadi masalah umum pemudik dengan motor. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (3/8/2013) membagi tips untuk pulang kampung dengan motor: 

1. Siapkan fisik dan mental Sebelum mudik, ada baiknya mengecek kesehatan. Pastikan Tubuh dalam kondisi yang fit. Jika ternyata dalam perjalanan jatuh sakit, pilihlah obat yang nyaman. Hindari penggunaan obat yang memiliki efek samping mengantuk. Perjalanan mudik identik dengan macet dan penuh. Di sinilah mental harus disiapkan. Jangan terlalu mudah marah dan terpancing emosi. 

2. Perhatikan kendaraan Hampir semua bengkel mengimbau untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat. Seminggu sebelum Lebaran, banyak bengkel resmi yang buka selama 24 jam. Pilih waktu untuk mengecek keadaan kendaraan. Usahakan jangan mengecek terlalu dekat dengan waktu pulang kampung. Karena bisa saja ternyata kendaraan Anda bermasalah dan membutuhkan waktu lama untuk diperbaiki. 

3. Patuhi rambu lalu lintas Memang ini salah satu imbauan yang paling sering didengar, dan juga paling sering dilanggar. Jangan karena ingin cepat sampai kampung halaman tercinta, Anda dengan mudah melanggar rambu yang ada. Ini bisa menyebabkan kecelakaan, yang merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Semakin banyak yang melanggar rambu, akan semakin berantakan keadaan di jalan. Semakin lama pula sampai di kampung karena perjalanan jadi makin macet. 

4. Istirahat Jangan memaksakan diri. Setiap orang ada batas masing-masing. Sayangi diri Anda dengan beristirahat dengan cukup selama perjalanan mudik. Jangan tunda makan jika sudah terasa lapar. Juga, jangan tunda tidur jika sudah merasa ngantuk. Ingat, di kampung ada keluarga dan sanak saudara yang menunggu kepulangan Anda dengan penuh harap. Jagalah keselamatan selalu. 

5. Taati peraturan bermotor Banyak yang tidak peduli dengan jumlah penumpang di motor. Padahal, itu bisa saja mencelakakan mereka. Taati peraturan naik motor. Jangan terlalu banyak penumpang sehingga membuat penumpang tidak nyaman, mudah sakit, atau malah jadi kecelakaan. Saat ini sudah banyak fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan pemerintah ataupun instansi swasta. Anda bisa memasukkan anggota keluarga seperti anak atau ibu untuk ikut mudik gratis. Sementara para laki-laki bisa naik motor.

sumber : detik.com