Pesan Tersembunyi Dalam Lagu Stairway To Heaven [Video]

Pesan Tersembunyi Dalam Lagu Stairway To Heaven [Video] - Lagu “Stairway To Heaven” dari band asal Inggris, Led Zeppelin, bisa jadi merupakan salah satu lagu yang paling banyak di-request di radio dan salah satu yang paling banyak dibawain oleh band lain. Hayo ngaku, pasti band elo pernah bawain ni lagu, atau denger lagu ini dimaenin temen2 elo di studio atau di kafe, iya kan? Lagu ini ngga pernah dirilis sebagai single oleh Atlantic Records.

Jadi emang ngga bisa dibandingkan penjualannya sama lagu “I Will Always Love You” (dinyanyiin sama Whitney Houston). Lagu ini terdapat dalam album "Led Zeppelin IV" dan dari album ini mereka hanya merilis 2 single, yaitu “Black Dog” (dirilis Februari 1972 dan paling mentok hanya sampe nomer 15 di Billboard) dan “Rock and Roll” (dirilis sbg single pada bulan April 1972, paling top hanya sampe urutan 47). Waktu itu, stasiun2 radio udah pada prediksi bahwa band ini bakalan pilih "Stairway..." sebagai single ke-3.

Ternyata Robert Plant (vokal), Jimmy Page (gitar), John Paul Jones (bass), dan John Bonham (drums) berpendapat lain. Dirilis sebagai single atau tidak, toh lagu ini tetap jadi favorit pendengar musik bahkan sampai sekarang setelah album ini dirilis 30 tahun lalu!Album ini direkam di sebuah rumah tua di beberapa mil di luar kota London. Tapi khusus untuk lagu "Stairway To Heaven," mereka berpikir untuk membawa lagu ini ke studio rekaman beneran.

Alesannya biar hasilnya lebih sempurna. Menurut Jimmy, "Stairway..." adalah satu2nya lagu yang direkam dengan menggunakan semua gitar2 utamanya. Suara gitar di bagian awal direkam dengan gitar akustik merk Harmony (sekarang dipajang di Museum Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio), di bagian ritem lagu dengan menggunakan gitar elektrik 12 senar merk Fender, dan di bagian akhir dengan gitar Gibson Les Paul 1959 (warna sunburst, pemberian dari Joe Walsh, gitaris Eagles).

Sebelum direkam, Jimmy "ngulik" menggunakan gitar Fender Telecaster untuk mengarang improvisasi bagian solonya.Menurut Jimmy, dia paling banyak menulis lirik di ke 3 album LZ sebelumnya. Waktu merekam album ke 4 ini, dia mengharapkan peran Robert untuk ikutan nulis lirik. Waktu aransemen lagu ini hampir jadi, lirik yang dikerjain Robert ini udah 80% selesai. Robert ingat waktu mendengarkan Jimmy lagi mengarang bagian instrumental intro lagu ini, waktu itu dia lagi bad mood jadi nulis liriknya asal2an. Tapi tiba-tiba tangannya nulis kata-kata “there’s a lady who’s sure all that glitters is gold and she’s buying a stairway to heaven…” dan waktu sadar, Robert langsung surprised! Sepertinya lagu ini emang udah waktunya untuk diciptakan dan sepertinya ada sesuatu yang mendorongnya untuk selesai.

Jimmy ingat waktu Robert nanya pendapatnya mengenai kalimat “bustle in your hedgerow” dan langsung setuju untuk dimasukin ke dalam lirik lagu. Menurutnya, biarin aja orang2 pada mikir sendiri artinya apaan dan bebas dengan interpretasi masing2. Liriknya punya kharisma dan menarik untuk ditelusuri arti di belakangnya. Siapa sih “lady” yang dimaksud dalam lagu ini? Arti dari “buying a stairway to heaven” itu apa? Sang “lady” muncul lagi di bagian akhir lirik: “And as we wind on down the road/ our shadows taller than our soul/ there walks a lady we all know...” Munculnya karakter “lady” bikin lagu yang panjangnya sekitar 8 menit ini jadi seperti sebuah misteri.Lagu ini udah pernah direkam oleh puluhan musisi ngetop, di antaranya adalah Frank Zappa, dan pernah direkam dalam berbagai versi musik, dari musik country, bluegrass, reggae (Dread Zeppelin di album "5,000,000") sampe jazz (gitaris Stanley Jordan bawain instrumental di album Stolen Moments).

Grup rock Butthole Surfers juga pernah bikin plesetan lagu ini untuk judul albumnya, Hairway To Steven."Stairway To Heaven"written by Jimmy Page & Robert PlantThere’s a lady who’s sure all that glitters is goldAnd she’s buying a stairway to heaven.When she gets there she knows, if the stores are all closedWith a word she can get what she came for.Ooh, ooh, and she’s buying a stairway to heaven.There’s a sign on the wall but she wants to be sure’Cause you know sometimes words have two meanings.

In a tree by the brook, there’s a songbird who sings,Sometimes all of our thoughts are misgiven.Ooh, it makes me wonder,Ooh, it makes me wonder.There’s a feeling I get when I look to the west,And my spirit is crying for leaving.In my thoughts I have seen rings of smoke through the trees,And the voices of those who standing looking.Ooh, it makes me wonder,Ooh, it really makes me wonder.And it’s whispered that soon if we all call the tuneThen the piper will lead us to reason.And a new day will dawn for those who stand longAnd the forests will echo with laughter.If there’s a bustle in your hedgerow, don’t be alarmed now,It’s just a spring clean for the May queen.Yes, there are two paths you can go by, but in the long runThere’s still time to change the road you’re on.

And it makes me wonder.Your head is humming and it won’t go, in case you don’t know,The piper’s calling you to join him,Dear lady, can you hear the wind blow, and did you knowYour stairway lies on the whispering wind.And as we wind on down the roadOur shadows taller than our soul.There walks a lady we all knowWho shines white light and wants to showHow everything still turns to gold.And if you listen very hardThe tune will come to you at last.When all are one and one is allTo be a rock and not to roll.And she’s buying a stairway to heaven.

Tidak hanya sampai disitu kemisterian lagu ini Screamer, ternyata ketika lagu ini diputar secara reverse atau diputar secara terbalik, lagu ini mengandung pesan misterius yang sangat menakutkan. Yang disinyalir merupakan pemujaan terhadap setan (satanisme).

kalo lagunya diplay terbalik (reversed) di bagian

"If there's a bustle in your hedgerow, don't be alarmed now..."

maka akan terdengar pesan seperti berikut:

"Oh here's to my sweet Satan.The one whose little path would make me sad, whose power is faith.He'll give those with him 666.There was a little toolshed where he made us suffer, sad Satan."
 
Simak Video nya Berikut ini :